Apa sih yang dimaksud BAHAGIA itu?

Apa sih yang dimaksud dengan bahagia itu? Bahagia adalah pada saat apa yang kita impi-impikan atau apa yang kita cita-citakan dapat kita mencapainya dan mendapatkannya dalam keadaan sadar dan nyata.

Yang namanya BAHAGIA, Pada saat kita mendapatkan apa yang kita inginkan, maka kebahagiaan dan suka cita akan datang dalam hidup kita. Tapi setelah kebahagiaan dapat tercapai, dan kita rasakan, maka selanjutnya, kita dihadapkan kepada situasi dan kondisi yang tidak bahagia lagi, muncul beban berat dalam kehidupan untuk memaksa kita menuntas problem berat tersebut, jika kita bisa menuntaskannya maka kita akan mendapatkan kebahagiaan itu kembali…….Demikian seterusnya. Kebahagiaan datang, kebahagiaan pergi. Kebahagiaan itu seperti sayap. Nggak bisa lama-lama bertahan. Setelah itu kebahagiaan akan pergi lagi dan kita dihadapkan pada kenyataan yang nggak membahagiakan.Contoh: pada waktu kita bisa tamat SMA, wow sangat bahagia dan suka cita. Terbayang dalam pikiran kita, wah betapa kerennya bisa kuliah dan menyandang predikat Mahasiswa. Wow keren. Mahasiswa bung. Kita mulai sibuk daftar dan mancari Universitas mana, begitu diterima, eng ing eng, predikat sebagai mahasiswa sudah berada di depan mata. Kita bahagia sekali. Kita lagaknya sudah bagaikan Profesor hebat, kuliah pakai buku diktat tebal-tebal.

Setelah menjalankan perkuliahan sebagai mahasiswa, cepat atau lambat, mulai timbul ketegangan dan kecemasan. Wah rupanya nggak enak yach jadi mahasiswa, beban SKS yang berat dan dosennya yang pelit nilai, membuat kita semua jadi was-was, apa bisa selesai S1 tepat waktu??. Mulailah kebahagiaan lenyap ditelan bumi. Mulai ada ketakutan, gimana bisa nggak selesai S1? Apalagi kita mendengar kabar teman sekampung udah sarjana S1 tepat waktu, sedangkan kita belum juga selesai, ketakutan akan problem perkuliahan yang berat mulai membuat kita nggak bahagia. Kita mulai berpikir, seandainya saya bisa menjadi sarjana, betapa bahagianya. Sarjana bung? Keren khan……….

Setelah berjuang begitu luar biasa, akhirnya tercapai juga menjadi sarjana S1. Ada rasa bahagia. Tapi rasa bahagia tersebut, nggak bertahan lama, setelah itu muncul lagi yang namanya tidak bahagia. Mulai gelisah, kapan dapat pekerjaan? Di zaman sekarang yang penuh persaingan, sangat sulit untuk bisa mendapat pekerjaan karena sarjana tersebut harus bersaing dengan ribuan sarjana yang juga bekerja keras untuk bisa tembus mendapat pekerjaan. Setelah melamar sana-sini yang sudah menghabiskan uang perangko dan uang beli kertas dan amplop surat, akhirnya kita dites untuk bisa diterima sebagai karyawan baru. Mulailah tidak bahagia. Sangat kuatir, bisa nggak dapat pekerjaan? Sangat gelisah. Ternyata akhirnya kita berhasil juga dapat pekerjaan di sebuah perusahaan bergengsi Aduh bahagianya dan sangat bersuka cita. Gaji pertama, ajak papa mama dan adik adik makan enak-enak di restoran. Sangat bahagia sekali dan menjadi kenangan indah.

Setelah bekerja sekian tahun, mulai gelisah dan nggak bahagia lagi, mulai bingung dan sangat tidak nyaman, kok gaji saya nggak naik-naik? Padahal kita udah kerja jujur dan memberikan masukan-masukan yang berharga untuk Bos & untuk kemajuan perusahaan, kok bos pura-pura nggak tahu, tentang keadaan kita ??. Apa bos nggak tahu, biaya hidup sekarang udah mahal dan nggak sesuai lagi dengan tingkat gaji sekarang?

Mulai tidak bahagia… mulai pikiran stress muncul. Mulai muncul rasa sentimental, Kapan dapat jodoh? Hahaha, kok teman kita tiap malam minggu pergi ngapel, kok saya ini masih terpaku dengan beberapa media? Wah mulai nggak bahagia. Mulai stress dan mulai betapa hidup ini sangat kesepian jika nggak punya pasangan.

Setelah berjuang sekian tahun, akhirnya Tuhan buka pintu jodoh kita dan kita diizinkan menikah, wow sangat bahagia sekali, apalagi suasana bulan madu ke Pulau Bali atau ke luar negeri yang begitu menyenangkan. Malam pertama di lewati dalam suasana yang begitu romantis, sangat bahagia sekali dan menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Setelah menikah sekian tahun, mulai muncul persoalan lagi, kok belum punya anak, wah teman yang lain anaknya udah besar, kok saya belum? Mulai tidak bahagia dan mulai stress dan seterusnya dan seterusnya… kebahagiaan datang, tapi kebahagiaan datang nggak bertahan lama, secepat kilat, kebahagiaan seperti punya sayap terbang jauh.

Jadi apa definisi arti bahagia? Definisi arti bahagia adalah pada saat kita mendapatkan atau mencapainya, dan itu dikatakan sebagai sukses, maka kita akan merasa bahagia sekali. Setelah kita mencapai dan mendapatkan sukses yang mendatangkan kebahagiaan maka timbul rasa nggak bahagia lagi. Kita jadi nggak merasa puas. Karena problem berat mulai muncul, pengen punya mobil, pengen punya rumah, pengen bisnis sukses. Pengen naik jabatan, pengen punya anak cerdas dan pintar, pengen punya tabungan deposito, pengen punya apa saja . Itu semua kalau nggak bisa tercapai dalam hidup ini, akan merampas kebahagiaan kita.

Dengan datangnya kebahagiaan, itu artinya kesuksesan datang, yang akan membuat kita merasa bahagia. Jadi dalam hidup ini, kita nggak ada puasnya. Kita akan terus dihadapkan pada persoalan-persoalan hidup yang datang silih berganti. Itulah hidup di dunia yang fana serba menderita. Manusia selalu dituntut untuk tuntaskan problemnya. Jika kita bisa tuntaskan persoalan menjadi selesai, maka bahagia pasti datang.

Jadi kesimpulannya, Tuntaskan semua persoalan hidup maka itu namanya Sukses tercapai, barulah kebahagiaan muncul dan membuat hati kita berbunga-bunga. Kita pandang sekeliling kita rasanya seperti rumput yang sangat hijau sekali, sangat bergairah dan bahagia sekali

1 comment:

  1. bahagia adalah suasana hati, dimana pikiran dan perasaan kita menerima kenyataan hidup apa adanya. puas dengan realita. selalu berkeinginan untuk memberi ke orang lain sesuatu yang positif dari kita. tanpa berharap imbalan apapun.
    hari demi hari kita isi dengan kasih, memberi, berpikir positif, menerima realita hidup apa adanya, selalu bekerja keras. memandang orang lain baik. maka akan muncul dalam hati kita BAHAGIA.

    ReplyDelete

Terimakasih kepada yang sudah memberikan komentarnya dengan baik.