Makna Pekerjaan Anda

MAKNA PEKERJAAN ANDA

Beberapa waktu yang lalu, saya memberikan pelatihan mengenai SIKAP KERJA di sebuah hotel berbintang lima.

Salah satu peserta pelatihan adalah Pak Lim, seorang pria berusia 60 tahunan yang bekerja di hotel tersebut.
Bagi saya pekerjaan pak Lim sangatlah monoton dan membosankan. Setiap hari dengan membawa sebuah daftar dia mengecek engsel pintu setiap kamar hotel.

Pak Lim memulai rangkaian tugasnya dengan mengecek engsel pintu kamar 1001 dan memastikan bahwa engsel dan kunci pintu berfungsi dengan baik. Pengecekan yang dilakukan bukanlah pengecekan 'seadanya' namun pengecekan yang saksama di setiap engsel dan memastikan bahwa setiap pintu bisa dibuka tutup tanpa masalah.

Untuk mengecek satu pintu, Pak Lim berulang kali membuka dan menutup pintu hanya untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Barulah setelah puas dia memberikan paraf pada daftar yang dibawanya dan mengecek pintu kamar berikutnya, 1002. Dalam sehari Pak Lim dapat mengecek 30 pintu kamar.

Anda tentu bertanya-tanya, berapa lama waktu yang dibutuhkan Pak Lim untuk mengecek semua pintu kamar di hotel itu.

Kurang lebih sebulan.!! Tidak mengejutkan, karena memang hotel berbintang lima ini kurang lebih memiliki 600 buah kamar. Tugas pengecekan yang dibuat Pak Lim ibarat LINGKARAN. Karena setelah selesai melakukan pengecekan pada pintu kamar terakhir, Pak Lim kembali melakukan pengecekan ke kamar pertama, 1001.
Pekerjaan ini benar-benar monoton, tanpa variasi dan membosankan..!! Saya sendiri
tidak habis pikir bagaimana Pak Lim bisa sangat CERMAT dan TELITI
menjalankan tugas melakukan pengecekan engsel dan kunci pintu kamar
yang amat monoton dan membosankan ini dari hari ke hari, bulan ke
bulan bahkan TAHUN..!!

Mungkin jika saya diminta melakukan tugas sama, akan dilakukan sekadarnya..!!

Karena sangat penasaran, suatu hari saya bertanya pada Pak Lim, apa yang membuatnya begitu tekun menjalani pekerjaan rutin itu..?

Jawabannya sungguh di luar dugaan :
Beliau menjawab
"Dari pertaanyaan anda, menyimpulkan bahwa anda tidak mengerti pekerjaan yang saya lakukan. Pekerjaan saya bukan sededar memeriksa engsel, namun lebih dari itu.... Tamu - tamu di hotel ini jelas bukan orang sembarangan, mereka pada umumnya CEO perusahaan, Direktur atau Manajer Senior serta kepala keluarga.

Mereka pasti bertanggung jawab terhadap kehidupan keluarga mereka, dan juga banyak karyawan dibawahnya yang mungkin jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan.
Nah, jika terjadi sesuatu yang buruk di hotel, misalnya kebakaran, dan engsel pintu tidak dapat dibuka karena rusak, mereka bisa meninggal di kamar.

Akibatnya bisa anda bayangkan, sangat mengerikan, bukan hanya untuk reputasi hotel ini, namun keluarga dan karyawan yang berada dalam tanggungan mereka. Mereka akan kehilangan sosok pemimpin yang mampu mengganggu kelancaran perusahaan. Jadi jangan meremehkan tugas saya."

Saya benar-benar terperangah mendengar penjelasan panjang lebar Pak Lim, dari situlah saya mengerti bahwa jika seseorang MEMAHAMI BENAR MAKNA DI BALIK PEKERJAANNYA, DIA AKAN MELAKUKAN PEKERJAANNYA DENGAN BANGGA, SENANG HATI, SELALU KREATIF, AKTIF, INISIATIF, INNOVATIF DAN PENUH TANGGUNG JAWAB.

Sebaliknya jika Pak Lim tidak memahami makna pekerjaannya dia akan mengatakan, bahwa tugasnya hanya sebagai tukang engsel.

Sekarang COBA TANYAKAN PADA DIRI ANDA SENDIRI. Apakah anda tahu benar makna dibalik pekerjaan anda..?

Katakanlah anda seorang MANAGER, SALES PEOPLE, ACCOUNTANT, SALES ADMIN, TEAM FINANCE, TEACHER, IT PROGRAMMER,GENN AFFAIRS, HRD, MEKANIK, OFFICE BOY, DRIVER/ MESSANGER dlsb

Ingatlah, jika seseorang memahami makna pekerjaannya, dia akan melakukan pekerjaannya dengan BANGGA dan yang TERPENTING PENUH ARTI BAGI dirinya, PERUSAHAAN dan SESAMAnya.

ACTION IDEAS

So what is the REAL meaning behind your work ?

What is the REAL meaning behind the work of each of your sub ordinates ?

James Gwee TH, MBA
Director Academia of Education and Training

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih kepada yang sudah memberikan komentarnya dengan baik.